2.

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

IDA FARIDA

Selasa, 24 Januari 2012

PIRANTI KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK

PIRANTI KOMPUTER


Piranti masukan ( Input Devices)
Piranti ini berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputerAgar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti oleh sistem komputerSalah satu kunci dalam membantu saat pemilihan piranti masukan dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian dalam sistem adalah dengan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya agar menjadi lebih amanefektifefisien dan menyenangkan.
Pemilihan piranti masukan harus memberi kontribusi positif terhadap penggunaan sistemSecara umum piranti masukan yang paling tepat akan memenuhi salah satu faktor yang cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan, sesuai dengan tugas yang akan dilakukan, sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya.Namun dalam praktek tidak ada satu piranti masukan yang dapat memenuhi semua kebutuhan. Oleh sebab itu diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Misalnya keyboard dan mouse, kedua alat ini saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Secara umum alat ini mudah digunakanbentuknya ergonomis dan mempunyai sistem umpan balik yang baik.
Dalam memilih piranti kita harus mempertimbangkan karakteristik dari user sekarang dan masa datang, mencocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang diminta, mempertimbangkan penelitian sebelumnya dan unjuk kerja user, menguji piranti masukan didalam lingkungan kerja serta mengoptimumkan sifat-sifat piranti yang mudah dimodifikasi. Piranti masukan dapat dikategorikan menjadi ;
1. Keyboard.
 
   


   
  Piranti ini merupakan salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks. Hanya saja kelemahannya untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnyaTombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi (function key), Tombol Alphanumerik (alphanumeric key), Tombol Kontrol (control key) , dan Tombol Numerik (numeric key) .
Type-type keyboard
1. Enhanced atau Extended keyboard – 101. Keyboard ini biasanya kunci dipaparkan dalam mode QWERTY, terhubung ke komputer denganmenggunakan kabel serial
2. Cordless keyboard . Keyboard ini terhubung dengan computer tidak menggunakan kabel tapi menggunakan inframerah atau sinyal gelombang radio
3. Ergonomi keyboard. Keyboard ini dirancang untuk membantu mencegah Cumulative Trauma Disorder (CTD) atau kerusakan jaringan syaraf di pergelangan tangan dan tangan karena gerakan yang berulang
Keyboard QWERTY. Keyboard ini didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik Umumnya orang sudah familiar dengan layout keyboard yang disebut dengan “QWERTY”, yaitu susunan huruf tombol kiri atas. Keyboard pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874
2. Audio
          
    Piranti masukan yang masuk pada kategori ini adalah Microphone – Speech recognitionPrinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik. Dengan menggunakan Sistem Automatic Speech Recognition (ASR) maka system akan dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemrosesan bahasa. Pengenalan pembicaraan adalah jenis input di mana komputer mengenali kata yang diucapkan ke dalam mikrofon. Untuk keperluan ini diperlukan
perangkat lunak khusus dan mikrofon
. Teknologi terbaru menggunakan pengenalan suara kontinu dimana pengguna tidak perlu jeda antara kata-kata mengubah input suara menjadi sinyal listrik
3. Pointing. 
    

     Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur. Contoh piranti penunjuk (pointing) ini misalnya joystick, trackballs, mouse,Light Pen, Touchscreen. Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret (dengan menekan tombol mouse). Mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar. Piranti ini memiliki kemampuan menggerakkan kursormampu memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti serta gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar. Pada umumnya mouse mempunyai 1 sampai 3 tombol pada bagian atas untuk pilihan obyek. Sedangkan pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alasJoystickmemiliki sifat yang praktis ( membutuhkan tempat yang sedikit), tidak mengganggu layar, harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game). Pada trackball dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan kursor . Piranti ini mudah dipelajari, membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick) dan merupakan salah satu piranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan)Lain halnya dengan Light Pen. Piranti inimerupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell. Namun permasalahan yang muncul pada light pen biasanya pena dpt mengganggu layargampang rusak atau patah, dan melelahkan tangan. Sedangkan touch screen digolongkan dalam panel sensitif sentuhan. Piranti ini memiliki keuntungan cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus, baik untuk pemilihan menu, membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja namun kerugiannya jari-jari dapat mengotori layar, jari tangan bukan alat penuding yang presisi, terutama untuk untuk menuding bagian-bagian daerah yang kecil.
4. Scanning. 

  Dengan menggunakan scanner kita dapat mengambil masukan data gambar, foto, juga tulisan tangan kemudian hasilnya diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam disk
5. Specialized. Banyak lagi alternative piranti masukan yang lainnya. Masih ada webcam, video recorder, digital kamera dan lain-lain

Piranti Keluaran (Output Devices)
Piranti keluaran ( Output Devices ) adalah Piranti periferal yang memungkinkan pengguna untuk melihat atau mendengar data yang telah diolah komputer. Secara umum piranti ini dapt dibedakan menjadi : keluaran Visual ( Visualoutput ) seperti misalnya dalam bentuk teks, grafik, video, dan keluaran audio (audio output) yaitu berbentuk suara, musik dan pidato tersintesa. Untuk keluaran visual menggunakan sistem tampilan visual. Sebuah sistem tampilan visual terdiri dari dua bagian:
Video adaptor . alat ini bertanggung jawab untuk kualitas video yang dikeluarkan
Monitor. Alat ini berfungsi untuk menampilkan keluaran ( output ) daripenyelaras video. Monitor ini merupakan perangkat periferal yang menampilkan keluaran (output) pada layar komputer. Ada beberapa jenis monitor yang ada pada saat ini seperti jenis tabung sinar katoda (CRT= Catoda Rays Tube) dan Liquid Crystal Display (LCD atau flat-panel). Pada monitor jenis CRT menggunakan teknologi tabung gambar dengan dan biasanya harganya lebih murah dibandingkan dengan monitor LCD. Pada penempatannya monitor ini akan lebih banyak memakan tempat dan mengkomsumsi energy yang lebih besar dibandingkan dengan LCD monitor. Sedangkan untuk monitor berjenis LCD (Liquid Crystal Display ) banyak digunakan untuk komputer notebook, PDA, telepon selular, dan komputer pribadi, namun harganya relative lebih mahal menempati tempat yang lebih kecil dan energy yang dikomsumsi juga lebig kecil dibanding monitor CRT. Ada banyak jenis LCD monitor diantaranya: Passive-matrix LCDActive-matrix LCDGas plasma Display dan Field emission display
Dalam memilih monitor kita harus memperhatikan specifikasi dari monitor tersebut diantaranya Ukuran layar . Ukuran layar ini mengacu pada pengukuran diagonal pada permukaan layar yang dinyatakan dalam satuan inci (misalnya15, 17, 19, 21), kemudian
Resolusi
, Merupakan tingkat ketajaman gambar ditentukan oleh jumlah titik horizontal dan vertikal (pixel) yang dapat menampilkan layar (800 x 600, 1024 x 768, 1600 x 1200) dan Refresh rate . Merupakan ukuran kecepatan layar ditampilkan berulang (refresh) dan dinyatakan dalam ukuran Hertz (Hz), misallnya layar dengan ukuran 60Hz atau 75Hz.
Printer
 

Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang telah kita oleh menggunakan computer. Ada dua jenis printer diantaranya adalah Impact printer dan Non-impact printer. Impact printer adalah printer yang memilikihead printer yang menyentuh kertas untuk menghasilkan karakter yang didinginkan dn printer ini selalu menggunakan pita tinta. Namun sayangnya jenis ini menghasilkan suara yang berisik, dan saat ini sudah tidak umum digunakan lagi. Dalam printer Dot-matrix terdapat pin-pin mirip dengan jarum yang digunakan untuk membuat karakter yang diinginkan.
Sedangkan non impact printer adalah printer yang umum digunakan saat ini. Dalam proses pencetakan ia tidak terlalu berisik dibandingkan dengan impactprinter. Contoh jenis ini misalnya inkjet printer dan laser printer. Injet printer disebut juga dengan bubble-jet, dan membuat karakter dengan caramenyisipkan titik-titik tinta ke atas kertas. Kualitas yang dihasilkan relative lebih bagus dengan harga yang relative murah. Namun sayangnya tinta yang digunakan masih lumayan mahal. Sedangkan Laser Printer bekerja seperti mesin fotokopi. Kualitas hasil pencetakkan ditentukan oleh titik per inci (dpi=dots per inchi) yang dihasilkan. Namun harga printer masih relative mahal namun lebih murah untuk operasional pencetakkan setiap halaman.
Dalam perkembangan tehnologi saat ini telah banyak dikembangkan printer multifungsi. Sebuah printer multifungsi menggabungkan fungsi printer non-impact, scanner, mesin fax, dan mesin fotopkopi satu satu unit. Ada lagi yang disebut dengan plotter. Alat ini adalah sebuah printer yang menggunakan pena yang bergerak di atas selembar kertas besar revolving. Ia dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi sehingga banyak digunakan dalamteknik, penyusunan, pembuatan peta, dan seismotology.
Audio output ( keluaran suara )
Audio output adalah kemampuan komputer untuk mengeluarkan suara. Untuk keperluan ini ada dua komponen yang diperlukan yaitu Sound Card alat ini berfungsi untuk memainkan rekaman digital dan speaker yang berfungsi untuk mengeluarkan suara sehingga terdengar oleh kita. Rekaman suara dalam bentuk digital biasanya disimpan dalam format WAV, MPEG, MP3, dan MIDI.

SOFT WARE
Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan  yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang  dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Secara umum, perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.

1. SISTEM OPERASI

a. Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara
pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu
negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik

yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

b. Sejarah Sistem Operasi
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami
perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:
Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi- programming (melayani banyak program sekali gus).
Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer- komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

c. Macam-Macam Sistem Operasi
Sistem Operasi jenisnya banyak sekali, kita tinggal memilih jenis apa yang akan digunakan di komputer kita. Mulai dari yang berlisensi sampai dengan yang gratis (open source), diantaranya adalah :
1. DOS
2. Windows, beberapa versi windows : Windows 95
Windows 98
Windows 2000 Profesional
Windows 2003
Windows XP Windows Vista
3. Linux, macam-macam distro linux :
Redhat Fodore Core Mandrake Suse Knoppix
Ubuntu/Edubuntu
4. Apple System
5. Machintos

2. PERANGKAT LUNAK BAHASA (LANGUAGE SOFTWARE)

Perangkat Lunak Bahasa (Language Program), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.
High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)
Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar, karena bahasa ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskan sains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic, dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih banyak yanga lainnya.

3. PERANGKAT LUNAK APLIKASI

Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :

a. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat
oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan
kebutuhan seseorang  ataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah :
Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir
Program billing warnet/wartel

b. Program Paket
Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun
langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.
Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft
Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power
point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel
Presentation, Apple Work, dll.
Program design grafis, contohnya adalah : Adobe
Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer,
Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
Program database, contohnya adalah : Microsoft Access,
Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll.
Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar